• Selamat Datang di Website Resmi
    SMAN 1 Tilatang Kamang
  • Letak Strategis dengan Raihan Prestasi yang Gemilang

  • Serba-Serbi Sekolah Adiwiyata Nasional 2016

  • Prestasi Agam 4 Sekolah Peraih Adiwiyata Nasional

    1. SMA Negeri 1 Tilatang Kamang,
    2. MTsN Kamang,
    3. MTsN Matur,
    4. SDN 01 Pasar Tiku
1 2 3 4 5 6 7 8
Mohon Maaf Atas Ketidaknyamanannya Web Sedang Proses Update... beberapa fitur tidak tampil

PIMPINAN DAN STAFF
ARSIP



Minggu, 17 September 2017 - 06:32:02 WIB
Gerakan Inovatif SMAN 1 Tilatang Kamang dalam Mewujudkan Sekolah Sehat
Diposting oleh : Jhon Herisman
Kategori: Serba-serbi - Dibaca: 2523 kali

 

Sehat adalah keadaan badan dan jiwa yang baik. Artinya, sesuatu dikatakan sehat jika secara lahiriah, batiniah, dan sosial berjalan secara normal dan baik, sehingga memung­kinkan sesuatu dapat produktif, baik secara sosial maupun ekonomis.  Jika hal ini dikaitkan dengan lem­baga pendidikan, maka sekolah sehat dapat dimaknai seba­gai lembaga pendidikan yang memiliki unsur-unsur yang baik secara lahiriah (jasmani) dan batiniah (rohani).Jadi, sekolah sehat pada prinsipnya terfokus pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut memiliki kondisi lingkungan belajar yang normal baik secara jasmani maupun rohani. Hal ini ditandai dengan situasi sekolah yang bersih, hijau, indah, tertib, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejah­teraan lahir dan batin setiap warga sekolah. Dengan begitu, sekolah sehat memung­kinkan setiap warganya dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat, berdaya guna dan berhasil guna untuk sekolah tersebut dan lingkungan di luar sekolah.

        Sementara itu, standar sekolah sehat adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki lingkungan sekolah bersih, indah, tertib, rindang dan memiliki penghijauan yang memadai.
  2. Memiliki tempat pembuangan dan pengelolaan sampah yang memadai dan representatif.
  3. Memiliki air bersih yang memadai dan memenuhi syarat kesehatan.
  4. Memiliki kantin dan petugas kantin yang bersih dan rapi, serta menyediakan menu bergizi seimbang.
  5. Memiliki saluran pembuangan air tertutup dan tidak menimbulkan bau tak menyenangkan.
  6. Memiliki ruang kelas yang memenuhi syarat kese­hatan (ventilasi/AC dan pencahayaan cukup). 
  7. Memiliki ruang kelas yang representatif dengan ratio kepa­datan jumlah siswa di dalam kelas adalah 1: 2 m2.
  8. Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran meme­nuhi standar kesehatan, kenyamanan dan keamanan.
  9. Memiliki ruang dan peralatan UKS yang ideal. (tersedia tempat tidur; timbangan berat badan, alat ukur tinggi badan, snellen chart; kotak P3K berisi obat; lemari obat, buku rujukan, KMS, poster-poster, struktur organisasi, jadwal piket, tempat cuci tangan/wastafel, data angka kesakitan siswa dan lain-lain).
  10. Memiliki toilet (WC) dengan ratio untuk siswi 1 : 25 dan siswa 1: 40.
  11. Memiliki taman/kebun sekolah yang dimanfaatkan dan diberi tabel (untuk sarana belajar) dan pengo­lahan  hasil kebun.
  12. Memiliki kurikulum pembelajaran yang baik bagi tumbuh kembang siswa.
  13. Memiliki kehidupan sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan.
  14. Memiliki pola hidup bersih, higienis, dan sehat.

 



0 Komentar :



Isi Komentar :

 Nama :
 Website :
 Komentar :
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

PENGUNJUNG

189014

Pengunjung hari ini : 66
Total pengunjung : 64942
Hits hari ini : 162
Total Hits : 189014
Pengunjung Online: 2

Jam Analog
SELEKSI NASIONAL
>> PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN <<