• Selamat Datang di Website Resmi
    SMAN 1 Tilatang Kamang
  • Letak Strategis dengan Raihan Prestasi yang Gemilang

  • Serba-Serbi Sekolah Adiwiyata Nasional 2016

  • Prestasi Agam 4 Sekolah Peraih Adiwiyata Nasional

    1. SMA Negeri 1 Tilatang Kamang,
    2. MTsN Kamang,
    3. MTsN Matur,
    4. SDN 01 Pasar Tiku
1 2 3 4 5 6 7 8
Mohon Maaf Atas Ketidaknyamanannya Web Sedang Proses Update... beberapa fitur tidak tampil

PIMPINAN DAN STAFF
ARSIP

Sejarah SMA Negeri 1 Tilatang Kamang

Berawal dari tahun 1977 bertempat di SMP Negeri  Tilatang Kamang, lahirlah ide untuk mendirikan sebuah SMA Negeri di Kecamatan Tilatang  Kamang, pemikiran ini muncul karena daya tampung SMA Negeri yang ada di Kota Bukittinggi tidak mampu lagi menampung tamatan siswa SMP yang ada di sekitar kota Bukittinggi.

Langkah awal untuk mendirikan sebuah SMA Negeri di Kecamatan Tilatang Kamang, dilakukan oleh tokoh-tokoh masyarakat, pemerhati pendidikan yang ada dikampung halaman maupun yang ada di perantauan  dengan  cara :  menemui Kepala SMA Negeri 1 Bukittinggi untuk bisa menerima siswa  tamatan SMP dari kecamatan Tilatang Kamang  untuk bisa dijadikan sebuah SMA Fillial. Usul ini diterima oleh Kepala SMA Negeri 1 Bukittinggi dan setelah itu lansung ditindak lanjuti oleh tokoh  masyarakat , pemerintah Kecamatan Tilatang Kamang.

Oleh tokoh-tokoh masyarakat, pemerhati  pendidikan segera diadakan pertemuan untuk memusyawarahkkan pembangunan sebuah SMA di Kecamatan Tilatang Kamang, dari hasil musyawarah yang dilaksanakan tanggal 15 Januari 1978 terbentuklah  Yayasan  Pendidikan  Tuanku Nan Renceh dengan Akta Notaris Nomor : 58 tanggal 21 Januari 1978 dengan pengurus sebagai berikut:

Ketua I

Ketua II

Sekretaris I

Sekretaris II

Bendahara

Penasehat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:   Rasimar Gani

:   H. Gazali Djalaluddin

:   Khudri Ismail

:   Muchlis Rusli

:   Dt. Majo Labiah

:   1.     Pejabat Utama Kecamatan Tilatang Kamang

    2.     Kepala Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Tilatang Kamang

    3.     Prof. Dr. Ilyas H. Ilyas Dt. Batuah, guru besar Fakultas

            Kedokteran Universitas Andalas Padang

    4.     Mansyur Mahmud SH.

    5.     Ir. Mahyuddin Ahmad, Dekan Fakultas Ilmu Pasti Unand

    6.     Arisman Zakaria

    7.     Katarnida Bakri, SH.

    8.     Baheramsyah St. Pamenan

    9.     Miral Manan

    10.   Hasrul Dt. Rangkayo Basa

Langkah berikutnya yang dilakukan pengurus Yayasan Tuanku Nan Renceh  yang telah terbentuk adalah menemui Bapak Kepala Kantor Wilayah Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sumatera Barat di Padang, dari hasil pertemuan tersebut maka diizinkan oleh bapak Kakanwil  P & K  Sumatera Barat  untuk mendirikan sebuah SMA Lokal Jauh / Fillial di Tilatang Kamang dengan nomor SK. 5921/I08.1/1B/1982 tanggal 26 Mei 1982.

SMA Lokal Jauh pertama dimulai Proses Belajar mengajar pada tahun pelajaran 1982/1983  sebanyak  3  lokal belajar yang  bertempat di SMA Negeri 1 Bukittinggi  dan jadwal kegiatan dilakukan pada sore hari dan tenaga pengajarnya adalah guru-guru SMA Negeri 1 Bukittingi, dan proses PBM ini berlansung di SMA Negeri 1 Bukittinggi selama 1 Semester.

 Untuk menindak lanjuti pembangunan gedung dimaksud  maka dibentuklah Panitia pembangunan SMA Negeri Tilatang Kamang dengan susunan pengurus sebagai berikut :

Ketua Umum

Ketua I

Ketua II

Sekretaris I

Sekreteris II

Bendahara

Anggota

: Hasnul Dt. Rangkayo Basa

: Mansur kasim SH.

: H. Gazali Djalaluddin

: Yohannes

: Muchlis BA

: Darlis BA.

: M. Dt. Rajo Basa

Pembangunan SMA Negeri Tilatang Kamang mulai dilaksanakan pembangunan gedungnya  yang berlokasi di lapangan Bola kaki Pakan Kamih, dengan penyerahan tanah dilakukan oleh Kerapatan Adat Nagari Koto Tangah, maka dilaksanakanlah peletakan batu pertama pembangunan gedung SMA Negeri Tilatang Kamang pada tanggal 29 Agustus 1982 sebanyak 4 lokal yang lengkap dengan meja dan kursi. Pembangunan gedung ini dilaksanakan oleh Muhammad Nadar             Dt. Panduko Basa Nan Baanjuang ( Toko bangunan Batang Sianok) sementara untuk mobiler disediakan oleh bapak H. Bakar ( CV. Andalas ) Koto Laweh.

Upaya yang dilakukan oleh Yayasan Tuanku Nan Renceh untuk mengumpulkan dana pembangunan SMA Negeri Tilatang Kamang dengan cara dengan mencetak kupon pembangunan SMA dengan pecahan Rp. 250,- Rp. 500,- Rp. 1.000,- yang diedarkan dari rumah kerumah diseluruh wilayah kecamatan Tilatang Kamang dan juga anggota masyarakat Tilatang Kamang di perantauan.

Setelah selesai pembangunan gedung sebanyak 4 lokal tersebut maka Proses belajar mengajar lokal jauh yang berada di SMA Negeri 1 Bukittinggi segera dipindahkan ke gedung SMA yang berada di Pakan Kamih mulai semester II TP. 1982/1983, setelah pindah proses PBM maka keluar pula Surat keputusan  tentang berdirinya SMA Negeri Tilatang dari  Mentri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Republik Indonesia Nomor : 473/O/1983.

Sejak keluarnya Surat Keputusan Mendikbud tentang berdirinya SMA Negeri Tilatang Kamang maka pembangunan gedung sekolah  terus dilakukan sesuai dengan gerak waktu perubahan secara bertahap untuk melengkapi ruang belajar, labor, ruang guru, tata usaha,  kantor  OSIS, aula,  melalui swadaya masyarakat yang berada di kampung maupun yang ada diperantauan, donator, pemerintah daerah dan pemerintah pusat.


PENGUNJUNG

233432

Pengunjung hari ini : 49
Total pengunjung : 79640
Hits hari ini : 121
Total Hits : 233432
Pengunjung Online: 1

Jam Analog
SELEKSI NASIONAL
>> PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN <<