RENCANA STRATEGIS SMA (RENSTRA) TAHUN 2020/2021 s.d. 2021/2022
SMA NEGERI 1 TILATANG KAMANG
Jln. Raya Pekan Kamis No.Telp. 0752- 7446365
DINAS PENDIDIKAN
PROVINSI SUMATERA BARAT
KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Allah SWT.
Atas rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan Rencana Strategis (RENSTRA) SMA Negeri 1 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2017/2018 s.d 2020/2021.
Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh satuan pendidikan,setiap satuan pendidikan wajib memenuhi standar pengelolaan pendidikan yang berlaku secara nasional. Standar pengelolaan pendidikan oleh satuan pendidikan tersebut meliputi perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, system informasi manajemen, dan penilaian khusus. Salah satu implikasi dari pemenuhan standar pengelolaan tersebut adalah adanya rencana kerja sekolah (RKT) dan rencana kegiatan dan anggaran sekolah(RKAS).
RKT merupakan rencana kerja jangka menengah yang menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingindicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan. RKAS merupakan rencana kerja tahunan yang dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah.
Rencana kerja tahunan atau RKAS dijadikan dasar pengelolaan sekolah yang dutunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. RKAS atau rencana kerja tahunan ini memuat ketentuan yang jelas mengenai (1) kesiswaan,
(2) kurikulum dan kegiatan pembelajaran, (3) pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, (4) sarana dan prasarana, (5) keuangan dan pembiayaan, (6) budaya dan lingkungan sekolah, (7) peranserta masyarakat dan kemitraan, (8) rencana-rencana kerja lain yang mengarah kepada peningkatan dan pengembangan mutu.
Kami menyadari bahwa RKT dan RKAS SMA Negeri 1 Tilatang Kamang yang telah kami susun ini masih memiliki banyak celah kelemahan dan jauh dari sempurna.Oleh karena itu, segala kritik, saran, dan masukan yang konstruktif dari berbagai pihak yang kompeten sangat kami harapkan.
SMA Negeri 1 Tilatang Kamang menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penyusunan RKT dan RKASini.
Pekan Kamis, Juli 2021 Kepala Sekolah,
Willia Zuwerni, S.Pd, M.Si
NIP 19711007 199512 2 001
KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Allah SWT.
Atas rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan Rencana Strategis (RENSTRA) SMA Negeri 1 Tilatang Kamang. RENSTRA ini merupakan pedoman SMA Negeri 1 Tilatang Kamang misi dan tujuan yang ingin dicapai dalam kurun waktu dari tahun Tahun Pelajaran 2017/2018 s.d 2020/2021
Dengan disusunnya Rencana Strategis (RENSTRA) SMA Negeri 1 Tilatang Kamang ini, maka sekolah mempunyai acuan umum tentang arah pembangunan ke depan. Arah ini tentu saja masih harus dirinci dan dijabarkan lebih lanjut menjadi rencana tahunan, dengan mengedepankan skala prioritas, sehingga setiap program dan kegiatan yang telah ditentukan dapat dilaksanakan dengan baik
Rencana Strategis (RENSTRA) yang telah disusun ini tidak cukup berarti tanpa ditindaklanjuti dengan pelaksanaan. Komitmen dan motivasi yang tinggi sangat dibutuhkan untuk bisa melaksanakan rencana yang telah tersusun. Harapan kami, Rencana Strategis (RENSTRA) ini dapat dijadikan sebagai pedoman.
Kami menyadari bahwa Rencana Strategis (RENSTRA) SMA Negeri 1 Tilatang Kamang yang telah kami susun ini masih memiliki banyak celah kelemahan dan jauh dari sempurna.Oleh karena itu, segala kritik, saran, dan masukan yang konstruktif dari berbagai pihak yang kompeten sangat kami harapkan.
SMA Negeri 1 Tilatang Kamang menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA)
Pekan Kamis, Juli 2021 Kepala Sekolah,
Willia Zuwerni, S.Pd, M.Si
NIP 19711007 199512 2 001
DAFTAR ISI
RENCANA KERJA SEKOLAH
- Pendahuluan .............................................................................................................. 1
- Visi Sekolah ................................................................................................................ 3
- Misi Sekolah ............................................................................................................... 3
- Moto Sekolah ........................................................................................................... 4
- Tujuan Sekolah 4 tahun ................................................................................... 4
- Identifikasi Tantangan Nyata (Kesenjangan) ............................. 6
- Program Strategis ................................................................................................11
- Strategis Pelaksanaan .....................................................................................14
- Hasilyang Diharapkan .....................................................................................18
RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH
(RKJM)
SMA NEGERI 1 TILATANG KAMANG
Adanya perkembangan informasi yang begitu pesat sangat berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan masyarakat saat ini.Di antaranya adalah terjadinya perubahan- perubahan dalam kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya, dan iptek.Perubahan-perubahan tersebut dapat berakibat positif, tetapi dapat juga berakibat negatif.
Perubahan dalam kehidupan sosial ditandai dengan bergesernya tata nilai dan norma kehidupan yang dianut oleh masyarakat. Pengaruh yang menonjol dalam kehidupan secara horizontal dapat dilihat dalam sikap, perilaku, dan pergaulan dalam masyarakat, secara vertikal dalam hubungannya dengan pengamalan norma agama. Pada umumnya, norma kehidupan sosial masyarakat yang sudah melekat selama ini hampir mulai terkikis dengan perilaku hidup lebih bersifat individual, materialistis, dan cenderung jauh dari sentuhan-sentuhan ajaran agama. Fenomena kehidupan seperti itu bila dibiarkan akan sangat berbahaya, bukan saja bagi orang tua dan keluarga, tetapi juga bagi bangsa dan negara kita. Untuk itu, sekolah sebagai institusi pendidikan dituntut lebih banyak berperan sehingga dapat menyikapi dan menetralisasi permasalahan tersebut.
Dalam bidang ekonomi, berbagai kebijakan yang dianggap dapat menghambat kegiatan ekonomi secara bertahap mulai dihapuskan. Persaingan mutu dan kualitas produk (barang) tentu saja merupakan salah satu faktor yang turut menentukan dalam persaingan bisnis.Hal itu menuntut semua pelaku ekonomi untuk lebih meningkatkan kemampuan SDM-nya menjadi SDM yang handal, unggul, berkompeten, berdisiplin tinggi, dan memilliki etos kerja yang sehat.Hal itu tentu dapat diwujudkan melalui pendidikan yang berkualitas.
Dalam kehidupan berpolitik, negara kita secara konkret sudah mulai menerapkan sistem demokrasi dengan partisipasi tinggi dari semua komponen masyarakat. Hal itu diwarnai dengan adanya praktik keterlibatan langsung masyarakat, baik secara individual maupun melalui partai dalam memilih para wakil rakyat yang akan duduk di lembaga legislatif, bahkan secara langsung dalam memilih presiden. Tentu saja ada harapan yang besar dari masyarakat agar kehidupan politik kedepan berjalan dengan baik, beretika dan secara umum mampu membawa perubahan dalam kehidupan sosial dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu dunia pendidikan sangat bertanggungjawab mempersiapkan dan mewujudkannya.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini berkembang dengan pesat.Hal itu banyak memberikan manfaat dan kemudahan dalam kehidupan manusia, bahkan berbagai persoalan kehidupan dapat pula dipecahkan dengan teknologi modern.Hanyadengan penguasaan iptek, suatu bangsa dapat mengarungi dunia dengan bermacam-macam aktivitas yang serba kompetitif. Bagi bangsa yang dapat bersaing dalam penguasaan iptek, bangsa tersebut akan mampu mengikuti perubahan dengan melakukan inovasi-inovasi. Untuk menguasaiilmupengetahuandanteknologidiperlukanadanyaprosespendidikanyangbermutu dan sarana prasarana yanglengkap.
Masalah lain yang berpengaruh sebagai dampak perkembangan ilmu dan kemajuan iptekadalahmasalahbudaya.MasuknyabudayaasingkenegaraIndonesiasecaralangsungatau tidak langsung ternyata telah mengancam budaya Indonesia yang agamis. Pengaruh dan ancaman budaya tersebut pada umumnya diserap melalui media elektronik tanpa filter terlebih dahulu. Agar budaya Indonesia dapat bertahan dan tetap eksis, diperlukan sikap kehati-hatian di dalam menghadapi budaya asing tersebut sehingga budaya Indonesia dapat dilestarikan denganbaik.
Tantangan paling besar yang sedang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah bagaimanamenyiapkandiridalammenyambutpasarbebasAsiaataumanyarakatekonomiAsia (MEA) pada 2015.Dengan berlakunya pasar bebas Asia, persaingan dalam berbagai aspek kehidupan tidak hanya terjadi antarindividu dalam suatu negara, tetapi sudah melampaui batas suatu negara atau persangan global. Pemerintah melalui slogan revolusi mental berusaha mengubah paradikma berpikir, berperilaku, dan bertindak bangsa Indonesia ke arah yang kompetitif dalam menghadapi persaingan global tersebut.Misalnya, kita harus terus berjuang untuk mewujudkan kemandirian generasi ke depan, seperti kemadirian ekonomi. Karena melalui kreativitasnya, generasi akan mampu mencetak lapangankerja.
Dalamduniapendidikan,pemerintahtelahmenyempurnakansistempendidikandengan menyiapkan dan memberlakukan kurikulum 2013.Kurikulum 2013 diharapkan mampu mengemban misi membentuk anak didik yang berkarakter, produktif, inovatif, kreatif, kompetitif, dan efektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terintegrasi.Oleh sebab itu, sekolah sebagai bagian dari sistem pendidikan harus mampu merencanakan, menyiapkan, dan melaksanakan pendidikan yang mampu membentuk anak didik yang berkarakter, produktif, inovatif, kreatif, kompetitif, danefektif.
-
Visi Satuan Pendidikan
Visi SMA Negeri 1 Tilatang Kamang sebagai berikut :
“ Sehat, Cerdas, Kreatif, Inovatif, Kompetitif, Berorientasi IPTEK, Berakhlak Mulia dan BerwawasanLingkungan “
-
Misi Satuan Pendidikan
Misi SMA Negeri 1 Tilatang Kamang sebagai berikut :
-
-
Mewujudkan budaya disiplin dan lingkungan bersih untuk semua warga sekolah
-
Mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat dan asri dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.
-
Mewujudkan suasana pendidikan yang kondusif dan kreatif.
-
Meningkatkan prestasi dan mengembangkan inovasi dalam bidang akademis dan non akademis.
-
Meningkatkan potensi, kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik.
-
Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan lingkungan dalam proses belajar mengajar.
-
Meningkatkan profesionalisme pendidik dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas hasil belajar.
-
Melengkapi sarana dan prasarana sekolah sebagai wadah untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
-
Meningkatkan penghayatan dan penerapan terhadap ajaran agama, budaya dan budi pekerti yang menjadi sumber kearifan dan sportifitas dalam bertindak.
-
Melaksanakan pembelajaran, bimbingan dan pelatihan secara efektif, efesien dan berkesinambungan untuk peserta didik guna menghadapi pendidikan yang lebih tinggi dan memiliki jiwa enterpreneurship (kewirausahaan) untuk terjun ke masyarakat.
-
Meningkatkan kerjasama warga sekolah dalam manajemen sekolah.
-
-
Tujuan Satuan Pendidikan
-
Terwujudnya 100% pendidik mata pelajaran menerapkan model-model pembelajaran saintifik untuk mencapai kompentensi
-
Terwujudnya 100% pelaksanaan penilaian autentik oleh pendidik
-
Tercapainya rata-rata nilai ujian nasional ( UN ) minimal 80,00
-
Tercapainya rata-rata KKM mata pelajaran minimal 75,00 untuk semua mata pelajaran
-
Terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat untuk menuju Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional.
-
Terwujudnya taman sekolah yang asri, indah dan nyaman
-
Terlaksananya 100 % program ekstrakurikuler untuk mencapai prestasi tingkat Kabupaten, Propinsi dan Nasional
-
Terwujudnya pelaksanaan pembelajaran studi lapangan untuk semua mata pelajaran
-
Terwujudnya peserta didik yang diterima pada perguruan tinggi yang terakreditasi A sebanyak 60 % dan perguruan tinggi negeri lainnya sebanyak 75 %.
-
Terlaksananya proses belajar mengajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
-
Terpilihnya siswa/siswi PASKIBRAKA untuk tingkat Kabupaten, Propinsi dan Nasional.
-
Meraih juara dalam setiap lomba mata pelajaran (akademik) atau olimpiade
-
Terwujudnya peningkatan profesionalitas guru melalui woRKThop, pelatihan dan melanjutkan pendidikan.
-
Terlaksananya pengawasan proses pembelajaran secara terprogram dan intensif melalui pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut minimal 2 ( dua ) kali dalam satu semester.
-
Terlaksananya pengelolaan sekolah melalui manajemen berbasis sekolah
-
Terlaksananya kegiatan IMTAQ melalui kegiatan ekstrakurikuler dibidang keagamaan
-
Terwujudnya jalinan kerja sama dengan lembaga-lembaga kependidikan dan sekolah terbaik
-
Terwujudnya seluruh kemitraan dengan masyarakat/lembaga di luar sekolah beserta MOU nya.
-
-
-
Terlaksananya minimal 2 kali dalam satu tahun kegiatan Evaluasi Diri Sekolah ( EDS ) terhadap kinerja sekolah.
-
Terwujudnya 100% guru mengembangkan intrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian.
-
Terwujudnya 100% pengelolaan dana dari masyarakat sebagai biaya operasional dilakukan secara sistematis, transparan, efesien dan akuntabel setiap tahun ajaran.
-
Terwujudnya pemberian beasiswa untuk membantu siswa yang kurang mampu setiap tahunnya.
-
-
IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA (KESENJANGAN)
No. |
Kondisi pendidikan saat ini |
Kondisi pendidikan masa datang ( 4 tahun) |
Besarnya tantangan nyata |
1. |
Standar Kompetensi Lulusan |
Standar Kompetensi Lulusan |
|
A |
Bidang akademik: |
|
|
|
1 KIR tk.propinsi |
tk. propinsi |
1%
0,28
1tingkat 3tingkat |
B |
Bidang non akademik: |
|
|
No. |
Kondisi pendidikan saat ini |
Kondisi pendidikan masa datang ( 4 tahun) |
Besarnya tantangan nyata |
|
|
|
2tingkat 1tingkat |
C |
Kelulusan: |
|
|
|
- Jumlah kelulusan100% |
- Jumlah kelulusan100% |
0 |
2 |
Standar Isi |
Standar Isi |
|
a |
Kurikulum SMAN 1 Tilatang Kamang tahun: |
Kurikulum SMAN 1 Tilatang Kamang tahun: |
|
|
TersusunKurikulum SMAN 1 Tilatang Kamang tahun 2017 |
Tersusun Kurikulum SMAN 1 Tilatang Kamang tahun 2017 |
0 |
b |
Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) |
Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) |
|
|
XII |
XII |
0
0 |
3. |
Standar Proses |
|
|
|
- 75% terlaksana proses pembelajaranbermuatan ketrampilan abad 21, literasi, berkarakter,dan peduli lingkungan |
- 100% terlaksana proses pembelajaranbermuatan ketrampilan abad 21, literasi, berkarakter,dan peduli lingkungan |
25% |
No. |
Kondisi pendidikan saat ini |
Kondisi pendidikan masa datang ( 4 tahun) |
Besarnya tantangan nyata |
|
|
internet/intranet |
25%
25%
10% |
4 |
StandarTenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan: |
StandarTenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan: |
|
a |
Kepala sekolah: |
|
|
|
|
Manajemen Berbasis Sekolah |
0%
0% |
b |
Guru: (bersifat rata-rata) |
Guru: (bersifat rata-rata) |
|
|
penilaian kinerja guru |
penilaian kinerja guru |
0%
0%
0% |
No. |
Kondisi pendidikan saat ini |
Kondisi pendidikan masa datang ( 4 tahun) |
Besarnya tantangan nyata |
|
|
|
20%
1 tingkat |
c |
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan, dll: (bersifat rata-rata) |
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan, dll: (bersifat rata-rata) |
|
|
memperoleh prestasi tk kota |
memperoleh prestasi tk propinsi |
20%
1 tingkat |
5 |
Standar Sarana dan Prasarana |
Standar Sarana dan Prasarana |
|
a |
Sarana dan Prasarana |
Sarana dan Prasarana |
|
|
|
|
50%
30%
30% |
No. |
Kondisi pendidikan saat ini |
Kondisi pendidikan masa datang ( 4 tahun) |
Besarnya tantangan nyata |
|
|
pendidikan |
10%
25% |
6. |
Standar Pengelolaan |
Standar Pengelolaan |
|
a |
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan: |
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan: |
|
|
masingbidang |
|
0%
0% |
b |
Struktur organisasi dan mekanisme kerja: |
Struktur organisasi dan mekanisme kerja: |
|
|
|
|
0%
0%
0% |
c |
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah: |
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi: |
|
|
- 100% terbentuktim supervisi dan monitoring |
- 100% terbentuktim supervisi dan monitoring |
0% |
No. |
Kondisi pendidikan saat ini |
Kondisi pendidikan masa datang ( 4 tahun) |
Besarnya tantangan nyata |
|
- 100 %terdokumen pelaporan supervisi dan tindak lanjut |
- 100 %terdokumen pelaporan supervisi dan tindak lanjut |
0% |
e |
Sistem Informasi Manajemen (SIM) sekolah: |
SIM sekolah: |
|
|
- 100% terlaksana sistem informasi manajemen berbasis IT |
- 100% terlaksana sistem informasi manajemen berbasis IT |
0% |
7. |
Standar Pembiayaan |
Standar Pembiayaan |
|
a |
100% terwujudpeningkatan sumber dana sesuairencana |
100% terwujudpeningkatan sumber dana sesuairencana |
0% |
b |
100% teralokasi dana secara proporsional |
100% teralokasi dana secara proporsional |
0% |
c |
100% terdokumentasi pelaporan penggunaan dana |
100% terdokumentasi pelaporan penggunaan dana |
0% |
8. |
Standar Penilaian Pendidikan |
Standar Penilaian Pendidikan |
|
a |
Pelaksanaan penilaian sikap, pengetahuan dan ketrampilan |
|
|
|
- 35% terlaksana penilaian ranah sikap,pengetahuan dan ketrampilan |
- 100% terlaksanapenilaian ranah sikap,pengetahuan dan ketrampilan |
0 |
|
- 35% terdokumentasi hasil penilaian ranah sikap, pengetahuandan ketrampilan |
- 100% terdokumentasi hasil penilaian ranah sikap, pengetahuandan ketrampilan |
0 |
b |
Pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan secara optimal |
|
|
|
- 80% terlaksanaprogram remedi dan pengayaan |
- 100% terlaksanaprogram remedi dan pengayaan |
0% |
No. |
Kondisi pendidikan saat ini |
Kondisi pendidikan masa datang ( 4 tahun) |
Besarnya tantangan nyata |
c |
Analisis hasil belajar peserta didik |
Analisis hasil belajar peserta didik |
|
|
- 100% terlaksanaanalisis hasil belajar peserta didik (PAS dan UKK) |
- 100% terlaksanaanalisis hasil belajar peserta didik (PAS dan UKK) |
0% |
d |
Sistem penilaian berbasis IT |
Sistem penilaian berbasis IT |
|
|
- 100% terlaksanasistem penilaian berbasis IT yang terupdate |
- 100% terlaksanasistem penilaian berbasis IT yang terupdate |
0% |
9 |
Pengembangan Lingkungan dan Budaya Sekolah: |
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah: |
|
a |
Pengembangan lingkungan belajar yang kondusif |
|
|
|
- 90%pengembangan budaya bersih: |
- 100%pengembangan budaya bersih: |
10% |
|
- 100% Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, dansejuk (tamanisasi) |
- 100% Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, dansejuk (tamanisasi) |
0% |
b |
Pengimplementasian nilai- nilai karakter |
|
|
|
- 100%terlaksana Peringatan Hari Besar Nasional: |
- 100%terlaksana Peringatan Hari Besar Nasional: |
0% |
|
- 100% terlaksana Peringatan HariBesar Agama |
- 100% terlaksana Peringatan HariBesar Agama |
0% |
No. |
Kondisi pendidikan saat ini |
Kondisi pendidikan masa datang ( 4 tahun) |
Besarnya tantangan nyata |
c. |
Penanaman budaya membaca |
|
|
|
- 75 %terlaksananya kegiatan literasi |
- 100 %terlaksananya kegiatan literasi |
25% |
d. |
Peduli lingkungan |
|
|
|
- 60 %terlaksananya kegiatan lingkungan |
- 100 %terlaksananya kegiatan lingkungan |
40% |
- PROGRAM STRATEGIS
- Pemenuhan SKL
Dengan program strategisnya:
-
- Peningkatan rerata UN
- Peningkatan prestasi bidangakademik
- Peningkatan prestasi bidangnonakademik
- Standarisi
Dengan program strategisnya:
-
- penyusunan kurikulum yang bermuatan ketrampilan abad 21, literasi, berkarakter, dan pedulilingkungan.
- penyusunan dan pengembangan silabus untuk semuamapel
- penyusunan dan pengembangan RPP yang inovatif dan kolaboratif untuk semua mapel
- Standar Proses
Dengan program strategisnya:
-
- Proses Belajar Mengajar dengan menggunakan media yanginovatif
- Pelayanan Bimbingan dankonseling
- Penggunaan IT oleh siswa dan tenaga pendidik dan kependidikan yang edukatifdan bijak sesuai dengan aturan dan norma yangada
- Standar Pendidik dan tenaga kependidikan Dengan programstrategisnya:
- Peningkatan KompetensiPendidik
- Peningkatan Kompetensi TenagaKependidikan
- Standar sarana prasarana Dengan programstrategisnya:
- pemenuhan ruang belajar, ruang terbuka hijau, dan fasilitas pembelajaran sesuai rombel dan standar sarana dan prasaranapendidikan
- pemenuhan dalam pemeliharaan sarana dan prasanapendidikan
- Standar pengelolaan
Dengan program strategisnya:
-
- Pengembangan Manajemensekolah
- Peningkatan Hubunganmasyarakat
- Standar pembiayaan
Dengan program strategisnya:
-
- Peningkatan sumberdana
- Penggunaan dana yang proporsional, transparan dan alkuntable
- Pelaporan penggunaandana
- Standar penilaian
Dengan program strategisnya:
-
- Persiapan dan PelaksanaanPenilaian
- Tindak Lanjut HasilPenilaian
- Pelaporan hasilbelajar
- Standar budaya dan lingkungan sekolah Dengan programstrategisnya:
- Lingkungan belajar yangkondusif
- Penerapan nilai –nilai karakter dalam kehidupansehari-hari
- Penerapan budayamembaca
- Penerapan nilai-nilai pedulilingkungan
- STRATEGI PELAKSANAAN
-
- Standar KompetensiLulusan