Detail Publikasi Berita

SMA N 1 TILATANG KAMANG

0 komentar
SATU-SATUNYA DIKAB. AGAM , SMAN 1 TILATANG KAMANG RESMI MENJADI SEKOLAH PENGGERAK TINGKAT NASIONAL
blog
Keterangan & diskripsi gambar

SMA Negeri 1 Tilatang Kamang kembali menorehkan tinta emas kesuksesan yakni terpilihnya sekolah yang berada di kecamatan tilatang kamang ini membuktikan mampu menjadi satu-satunya kepala sekolah penggerak di kab. Agam.

Program Kepala Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Sekolah penggerak merupakan salah satu program dari 7 program merdeka belajar yang digagas oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan ( sekarang menjadi Kemendikbud-Ristek).Adapun ke tujuh program mas menteri tersebut meliputi :

  1. Pembiayaan Pendidikan
  2. Digitalisasi sekolah
  3. Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak
  4. Peningkatan kualitas kurikulum dan Asesmen Kompetensi Minimum
  5. Revitalisasi Pendidikan Vokasi
  6. Program Kampus Merdeka
  7. Pemajuan Budaya dan Bahasa

 

Sekolah penggerak ini diawali dengan SDM yang unggul, dengan peranan kepala sekolah, guru, dan pengawas. Kepala SMA Negeri 1 Tilatang kamang, Ibu Willia Zuwerni, S.Pd.,M.Si, mengikuti kegiatan ini dari pertama/awal.

Proses seleksi dimulai dari seleksi administrasi, curriculum vitae, seleksi penulisan essai , tes bakat scholastic,kemudian simulasi mengajar dan wawancara.Proses seleksi ini diikuti seluruh Indonesia dengan jumlah peserta seleksisebanyak 21.000/ dua puluh satu ribu orang.

 Sebanyak 15.000/lima belas ribu orang dinyatakan lulus seleksi admnistrasi. Setelah dilaksanakan seleksi berikutnya lalu berhasil lolos sebanyak 7500/tujuh ribu lima ratus kepala sekolah ( semua jenjang ). Tes berikutnya ( tes essai dan scholastic) menyisakan peserta sebanyak 5019 /lima ribu sembilan belas orang kepala sekolah peserta seleksi.

Tes pun berlanjut dengan sangat ketat dimulai dari tanggal 7 s/d April 2021. Tes ini dijadwalkan  dengan materi melakukan simulasi belajar dengan durasi waktu lebih kurang 20 menit, kemudian tes wawancara selama satu jam. Adapun materi wawancaranya adalah pemahaman sepuluh kompetensi kepala sekolah. Setelah melewati rangkaian tes seleksi diatas, Kepala SMA Negeri 1 Tilatang Kamang berhasil lolos dan masuk sebagai kepala sekolah penggerak semua jenjang. Kepala sekolah yang lolos sebagai sekolah penggerak tersebut di Provinsi Sumatera Barat ada empat, salah satunya berasal dari Kab. Agam yaitu Kepala  SMA Negeri 1 Tilatang kamang tahun 2021 angkatan 1( Kab. Agam, Lima puluh kota, Tanah Datar, dan Kota Padang).

Ini merupakan suatu pencapaian yang sangat luar biasa, mengingat untuk bisa menjadi sekolah penggerak, kepala sekolah haruslah berupaya menjadi kepala sekolah penggerak. Semangat yang tinggi dan kerja keras merupakan kunci keberhasilan seorang kepal sekolah menjadi kepal sekolah penggerak. Ini juga merupakan salah satu fungsi Kepala Sekolah sebagai pendidik melaksanakan tujuh aspek penting yaitu mengajar di kelas, membimbing guru, membimbing karyawan, membimbing peserta didik, mengembangkan staf, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan memberi contoh bimbingan konseling/ karier yang baik.

Sekali lagi, kita megucapkan selamat kepada Ibu Willia Zuwerni, S.Pd.,M.Si., yang telah berhasil menjadi kepala sekolah penggerak, bahkan satu-satunya di Kab. Agam.

 


Berita lain terkait #Kegiatan